Lintas Provinsi

BPKP Sumbar Gelar Workshop Penyusunan Laporan Keuangan PDAM

Warta Andalas | Senin, 20 Januari 2014 - 21:21:25 WIB | dibaca: 1470 pembaca

WARTA ANDALAS, PADANG - Sebagai bentuk nyata dalam mendorong percepatan akuntabilitas pelaporan keuangan PDAM di wilayah Sumatera Barat, Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan acara workshop bertajuk “Penyusunan Laporan Keuangan PDAM Se Sumatera Barat Tahun 2013”. Gelaran workshop ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 16-17 Januari 2013 di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat dan dihadiri oleh enam puluh enam peserta dari masing-masing PDAM di wilayah Sumatera Barat.

Sebelum acara dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Arman Sahri Harahap, Ketua DPD Perpamsi Provinsi Sumatera Barat Desyusbar Datuk Pengulu Mudo memberikan kata sambutan dan apresiasi terhadap digelarnya acara ini. Datuk menyatakan bahwa hubungan Perpamsi dan BPKP Sumatera Barat  sangatlah harmonis dan tidak terpisahkan. Acara ini pun merupakan kelanjutan dari MoU antara BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Barat dengan DPD Perpamsi Provinsi Sumatera Barat yang telah terjalin sejak tahun 2011. Dalam acara pembukaan workshop turut hadir pula Wakil Ketua DPP Perpamsi Pusat, Suloko, yang juga sebagai Direktur Utama PDAM Padang.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan paparan yang diberikan oleh empat penyaji dari BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Barat. Paparan pertama bertema Laporan Keuangan PDAM dan Penyebab Kualifikasi LKPD, disajikan oleh Ernida. Paparan kedua bertema Manajemen Aset dan SAK-ETAP disajikan oleh Sutan Rusdi. Paparan ketiga bertema Penurunan Nilai Aset dan Persediaan oleh Vimbyarno Purbo Suseno. Paparan keempat bertema SAK-ETAP untuk Akun-Akun tertentu oleh  Wahyu Nurdin. Acara hari pertama ditutup pada pukul 16.00 WIB.

Setelah hari pertama diisi dengan paparan teori, hari kedua workshop diisi dengan coaching teknis mengenai laporan keuangan. Coaching dibagi dalam tiga kelompok yang masing-masing berisi empat PDAM dan didampingi oleh empat auditor dari BPKP.  Acara hari kedua berlangsung dengan meriah karena diadakan dengan format diskusi interaktif dalam suasana santai.

Pada acara penutupan, Kepala Bidang Akuntan Negara BPKP Sumbar Mulyanto kembali menegaskan kesanggupan PDAM untuk dapat menyelesaikan laporan keuangan pada penyerahan pelaporan keuangan bulan Februari.  Dalam kesempatan ini juga Mulyanto kembali mengingatkan bahwa akuntabilitas keuangan PDAM merupakan unsur penting dalam terciptanya akuntabilitas pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah pada pos Investasi Permanen. (Humas Sumbar - yoi) (x.)

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)