Padang

Bhakti Sosial TNI KB Kesehatan Tingkat Kota Padang Tahun 2018 Dicanangkan

Warta Andalas | Kamis, 12 Juli 2018 - 13:53:17 WIB | dibaca: 94 pembaca

WARTA ANDALAS, PADANG - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk dan KB(DP3AP2KB) Kota Padang bersama TNI menggelar Pencanangan Bhakti Sosial TNI KB kesehatan di markas Kodim 0312, Rabu (11/7).
Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah diwakili Asisten Ekbang Kesra, Hermen Peri mengatakan, kegiatan ini sangat penting dan strategis dalam upaya melakukan percepatan pelaksanaan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) di semua tingkatan. Bagian dari upaya peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat Kota Padang.

“Kondisi kependudukan saat ini dalam arti kuantitas dan kualitas menjadi tantangan yang sangat berat bagi pembangunan,”ujar Hermen Peri, saat membuka kegiatan tersebut.

Hermen menginformasikan, melalui kegiatan bhakti sosial TNI Manunggal KB Kesehatan Kota Padang, DP3AP2KB bersama TNI akan berupaya meningkatkan revitalisasi program KKBPK untuk mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.

Kegiatan ini merupakan momen yang sangat tepat untuk memantau, mengevaluasi dan memotivasi masyarakat untuk melaksanakan pola hidup sehat berkualitas. Sekaligus bisa menjaga keharmonisan hubungan dan komunikasi antara jajajran TNI dengan masyarakat serta jajaran aparat Kota Padang.

"Diharapkan dengan adanya dukungan dan bantuan dari TNI, pelaksanaan program KB dan kesehatan dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien,"katanya kepada Haluan.

Menurutnya, jumlah penduduk Kota Padang saat ini lebih kurang mencapai 909.413 jiwa. Jumlah yang besar disatu sisi merupakan potensi SDM yang potensial, tetapi bila tidak diimbangi dengan peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat justru akan menambah beban kerja pemerintah daerah.

Pemerintah Kota Padang, sebut Hermen, berharap agar pelaksanaannya bisa lebih fokus pada daerah miskin seperti halnya daerah kampung KB yang ada di masing-masing kecamatan.

Selain itu, pengendalian laju pertumbuhan penduduk dan penanganan angka kemiskinan tidak hanya melalui pembatasan jumlah kelahiran tetapi juga mencakup upaya peningkatan kesejahteraan keluarga.

“Saya berharap pencanangan ini menjadi momen untuk lebih menggalakkan lagi program KB Kesehatan disemua tingkatan,”ucapnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0312 Eryzal Satria diwakili Kasdim Kavaleri Deswanto mengatakan, jumlah penduduk yang semakin bertambah, sering kali menyebabkan terjadi permasalahan, baik sosial, kemasyarakatan, hingga masalah lingkungan dan alam.

“Dapat kita rasakan, dampak yang ditimbulkan dari masalah tingginya angka kependudukan antara lain krisis pangan, semakin meningkatnya persaingan hidup, tingginya angka kriminalitas, timbulnya wabah penyakit baru,” katanya.

Menurutnya, jajaran TNI terutama kodim 0312 bersama dengan komponen masyarakat lainnya sangat mendorong dan mendukung atas apa yang telah menjadi salah satu agenda nasional ini yakni program penduduk melalui keluarga bencana.
“Kita harapkan dengan kegiatan ini masyarakat bisa lebih sehat dan sejahtera,”ucapnya. (vid/rel/hms)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)