Sawahlunto

Berakhir, Festival Kota Tua 2 Berlangsung Meriah

Warta Andalas | Senin, 30 April 2018 - 08:56:45 WIB | dibaca: 315 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO – Perhelatan akbar bertajuk “Festival Kota Tua 2” yang digelar oleh paguyuban seni Ki Sapu Jagad di bawah pimpinan Iwan Darmawan sejak Jum’at hingga Minggu (27-29/4) kemarin, akhirnya berakhir sudah.

Hal itu ditandai dengan ditutupnya secara resmi oleh Kepala Dinas Kebudayaan Peninggalan Benda Bersejarah dan Permuseuman kota Sawahlunto, Drs. Hendri Thalib di Gedung Pusat Kebudayaan (GPK), Minggu malam (29/4), yang diawali dengan penampilan band dari Laskar Sapu Jagad yang digawangi Meilan Saputra dan Elddriv Kurnia alias  Dudung, Ivan Kurnia, Prasetyo Utomo serta sederet musisi musisi muda bertalenta lainnya.

 

Tampil membawakan music instrumentalia yang menyuguhkan kolaborasi music tradisional dan alat music modern, Laskar Sapu Jagad itu pun mendapatkan aplouse meriah dan mengundang decak kagum atas skill masing-masing personel yang tak kalah dengan perform musisi ibu kota hingga suasanapun menjadi kian terasa meriah.

Bahkan sejak pembukaan ajang Festival Kota Tua 2 tersebut pada Jum’at lalu, Laskar Sapu Jagad yang juga menampilkan lagu Its My Live milik Rocker kondang Jon Bon Jovi yang dibawakan oleh Novy sang vocalis muda berbakat dengan kolaborasi music modern dan tradisional itu pun telah mendapat pujian dari berbagai kalangan pecinta seni dan music yang hadir saat itu.

 

Menurut Hendri Thalib, Tidak semua orang mampu tampil di festival. Sebab, tampil di panggung orgen tunggal dan dalam panggung perlombaan, sangatlah berbeda. Dalam sebuah perlombaan, mental menjadi taruhannya.

“Dengan mengikuti perlombaan, banyak hikmah yang dapat diambil dan kesempatan untuk mengambil prestasi. Tidak banyak diantara kita yang bisa menyiapkan diri untuk meraih prestasi,” ujar Kadis yang biaa disapa papi itu.

Jika kita maumenjadi juara, lanjut Papi, mungkinkah prestasi itu dapat diraih tanpa melalui sebuah perlombaan yang merupakan sebuah perjuangan untuk meraih kemenangan?. 

“Dalam sebuah event perlombaan, bisa saja terjadi kongkalikong antara peserta dan dewan juri karena ambisinya untuk menjadi juara atau seorang pemenang. Namun sesungguhnya, mereka adalah orang yang tidak siap untuk menerima sebuah kenyataan atau tak siap untuk menjadi pemenang,” sebutnya.

Siska, sosok perias dibalik sukses  Netherland and Java Fashion Show

Dikatakan Hendri Thalib, ajang Festival Kota Tua 2 yang disupport penuh oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ini sengaja digelar untuk menumbuhkembangkan minat dan bakat serta untuk membentuk karakter anak bangsa.

Hadiah Uang Tunai, Thropy dan Piagam

Dalam acara tersebut, panitia pelaksana juga sekaligus memanfaatkan waktu untuk membagikan hadiah bagi para juara lomba lagu Minang Legendaris dan Netherland and Java Fashion Show.

Untuk lomba Lagu Minang Legendaris, juara 1 diraih oleh Salsa Nadia, disusul oleh Alan pada posisi runner-up dan Zaky Edra berhak meraih juara III. Sedangkan 2 posisi juara harapan diraih oleh Syamsul Bahri dan Yogi Febriansyah, dan juara Favourite diraih Indah Novianti.

Pada Netherland and Java Fashion Show category remaja, Aida Alba yang tampil anggun dan tampak penuh percaya diri itu, berhak menyandang gelar sebagai juara I. Adapun juara II disabet oleh Indri Mutika, disusul Sofia Nur jannah pada posisi juara III.

          Novy, Remaja multi tallent

Sementara, untuk kategori anak-anak juara I direbut Indria nayla Asifa, juara II Azzara Sukwi Faza dan juara III diraih oleh Rahel Armi Dista.

Kepada seluruh pemenang lomba, panitia memberikan hadiah berupa uang tunai serta piagam dan Trhopy.

Sementara itu, Presiden Paguyuban Seni Ki apu Jagad Iwan Darmawan didampingi Ketua Panitia Pelaksana Elddriv Kurniaalias Dudung yang ditemui wartawan usai penutupan acara tersebut mengaku bersyukur atas selesainya event tersebut.

“Alhamdulillah, meski masih terjadi berbagai kekurangan dalam pelaksanaan event ini, akhirnya kita mampu menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan ini dengan baik. Adapun segala kekurangan dalam pelaksanaannya, akan kita jadikan bahan evaluasi sehingga dalam event mendatang kita akan dapat menyelenggarakan secara lebih baik lagi,” ungkapnya.

Melalui Warta Andalas, Iwan Darmawan juga menyampaikan ucapan terimakasihnya atas partisipasi dari semua yang telah terlibat dalam kegiatan ini, baik secara langsung maupun tak langsung. (ap)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)