Padang

BBGRM Padang Timur Berhasil Ungkit Swadaya Masyarakat Ratusan Juta

Warta Andalas | Rabu, 16 Mei 2018 - 14:36:50 WIB | dibaca: 78 pembaca

WARTA ANDALAS, PADANG - Kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) pada 10 kelurahan di Kecamatan Padang Timur ditutup, Rabu (16/5/2018). Dari kegiatan ini berhasil menyelesaikan 10 proyek pokok dan 7 proyek tambahan dengan nilai swadaya Rp. 335 juta lebih.

Kepala Bagian Pemerintahan Kota Padang Arfian Amhar pada apel penutupan BBGRM Padang Timur ini mengatakan, tujuan dan sasaran BBGRM adalah menggali pitensi dan meningkatkan kepedulian masyarakat serta turut berpartisipasi dalam pembangunan. Selain itu, meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan dana dan sumber daya yang ada agar berdayaguna

"Melalui BBGRM ini juga dapat menumbuhkan rasa memiliki masyarakat terhadap hasil pembangunan," kata Arfian.

Menurut Arfian, pemerintah hanya memberikan motivasi serta dana stimulan yang berasal dari Anggaran Belanjan Pemdapatan Daerah (APBD).

"Besarannya untuk masing-masing kelurahan senilai Rp.35 juta. Itupun dalam bentuk material bangunan," ujarnya.

Selanjutnya Arfian menjelaskan, kegiatan Manunggal BBGRM 2018 dilaksanakan 1 bulan. Diawali dengan pra manunggal pada 11 April sampai dengan 25 April. Pencanangannya dilaksanakan pada 26 April lalu di Lapangan Imam Bonjol.

"Sejalan dengan itu kegiatan BBGRM di 104 kelurahan pada 11 kecamatan mulai dilaksanakan," tukasnya.

Sementara itu, Camat Padang Timur, Ances Kurniawan mengatakan, nilai swadaya yang berhasil dicapai Rp. 335 juta lebih. Dengan rincian proyek pokok Rp.260 juta dan proyek tambahan senilai Rp.260 juta lebih.

"Alhamdulillah, manunggal BBGRM berlangsung dengan lancar. Seluruh warga dengan semangat gotong royong berhasil membangun fasilitas lingkungan berupa drainase dan jalan serta kebutuhan pembangunan lingkungan lainnya," ujar Ances.

Kecamatam Padang Timur memberikan apresiasi kepada kelurahan yang mencapai nilai swadaya tertinggi dan terbaik. Masing - masing adalah Kelurahan Simpang Haru yang jadi terbaik I, Kelurahan Jati terbaik II dan terbaik III diraih Kelurahan Kubu Marapalam.

Pada kesempatan ini, Camat Ances juga menyerahkan piala kepada kader-kader kecamatan yang berhasil meraih juara I Forikam tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Camat sendiri juga mendapatkan apresiasi dari Himpunan PAUD Indonesia (Himpaudi) Kecamatan Padang Timur berupa bingkisan. Apresiasi ini adalah untuk kepedulian camat terhadap lembaga PAUD yang telah banyak memberikan fasilitas.

Acara apel penutupan Manunggal BBGRM ini sekaligus dirangkai dengan temu ramah dalam rangka mempererat silaturahim dengan semua elemen masyarakat bertepatan dengan momen memasuki Bulan Suci Ramadan.(rel/hms)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)