Purbalingga

Bawaslu Purbalingga Uji Kotak Suara

Warta Andalas | Rabu, 19 Desember 2018 - 10:57:44 WIB | dibaca: 181 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA - Banyaknya argumen yang berkembang terkait kotak KPU untuk Pileg dan Pilpres 2019 yang terbuat dari kardus, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Purbalingga dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga mengadakan uji ketahanan kotak. Uji dilaksanakan di gudang logistik KPU Purbalingga dengan cara diduduki dan diinjak kotak suara yang terbuat dari kardus duplek.

Hal tersebut disampaikan Komisioner Bawaslu Kabupaten Purbalingga Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antarlembaga, Misrad, saat menghadiri kegiatan resepsi hari Jadi Purbalingga yang ke 188, Selasa malam (18/12). Pelaksanaan uji ketahanan menurut Misrad juga dihadiri oleh instansi Kepolisian Purbalingga.

" Uji ketahanan tersebut untuk menjawab keraguan masyarakat terhadap kondisi kotak suara yang terbuat dari kardus duplek. Setelah saya duduki dan saya berdiri diatas kardus, kondisi kotak tetap utuh dan kuat menahan beban tubuh saya, " tambah Misrad.

Misrad menambahkan dari pantauan yang dilakukan pihaknya, untuk gudang logistik, kotak suara dan kelengkapan lainnya sudah sesuai dengan prosedur. Saya berpesan agar gudang logistik jangan sampai kebocoran, walaupun kardus tersebut ada lapisan plastiknya, namun jika tergenang diperkirakan bisa merusak kotak. Kemudian juga harus bebas dari api karena akan mudah terbakar.

“ Secara kekuatan kotak sudah sesuai standar dan bisa digunakan sebagai kotak suara, dan aman jika teciprat air karena bagian luar kotak suara dilapisi plastik, sehingga air tempias, tidak akan merembes, cuma tidak boleh terendam," katanya.

Misrad juga berharap kejadian kerusakan dikabupaten Badung Bali pada tanggal 8 Desember kemarin jangan sampai terjadi di Purbalingga, dikarenakan adanya luapan air masuk ke gudang sehingga sebanyak 2.065 kotak suara dan 110 bilik suara mengalami kerusakan.

Komisioner KPU Kabupaten Purbalingga Divisi Logistik, Eko Setiawan mengatakan, sampai kemarin, setidaknya sudah 80 persen logistik pemilu diterima oleh KPU. Logistik berupa kotak suara, alat tulis, tinta dan bantalan. Pihaknya hanya tinggal menunggu surat suara dari KPU pusat.

"Tadi siang telah dilakaukan uji coba kekuatan kotak suara yang terbuat dari kardus duplek. Hasilnya kotak suara kuat menahan beban hingga 80 kilogram dan tahan air," katanya (PI-2) 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)