Solok

Batik dan Songket Kota Solok Makin Diminati

Warta Andalas | Kamis, 11 Oktober 2018 - 14:49:03 WIB | dibaca: 397 pembaca

WARTA ANDALAS, SOLOK - Awalnya sebuah ide, kemudian menjadi sebuah produk yang tidak kalah bersaing dengan produk lainnya. Di Kota Solok ide tersebut dituangkan dalam bentuk produk rumahan yang dikerjakan oleh ibu-ibu rumah tangga. Dan ternyata hasilnya cukup bagus bahkan mampu mengalahkan produk yang sama tapi dicetak dipabrik.

Itulah Batik Made in Kota Solok. Bermotif alam Kota Solok ternyata batik Kota Solok cukup digandrungi oleh masyarakat luar Kota Solok. Disamping harganya murah batik Kota Solok menggunakan bahan yang cukup bagus dan enak dipakai.

Ditemui media ini, Ny. Yet Zul Elfian, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Solok mengungkapkan saat ini batik yang dihasilkan tangan-tangan terampil yang sifatnya rumahan ternyata mampu menembus persaingan batik nasional. Dekranasda Kota Solok pada dasarnya bukan mencetak atau menghasilkan sebuah produk. Tapi Dekranasda merancang berbagai motif bernuansa alam Solok. Selain itu, Dekranasda memberikan pelatihan kepada generasi putus sekolah, mengumpulkan mereka dan ditangan mereka inilah lahir batik yang cukup baik. 

"Dan dengan batik inilah Kota Solok dikenal oleh daerah lainnya bahkan mendapatkan hasil terbaik pada setiap acara, baik daerah maupun nasional" Ujar Yet. (Zulfikar)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)