Solok

Bank Harus Permudah Akses Masyarakat Memperoleh Kredit

Warta Andalas | Selasa, 11 Desember 2018 - 14:08:24 WIB | dibaca: 185 pembaca

WARTA ANDALAS, SOLOK - Reiner, ST, MM, Dt. Intan Batuah Wakil Walikota Solok meminta pihak Bank untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh akses berupa kredit usaha rakyat. Kemudahan yang diberikan oleh pihak Bank kepada masyarakat akan mampu mendongkrak pendapatan masyarakat dengan suntikan dana dari pihak bank, terutama suntikan dana untuk usaha rakyat. Hal ini terungkap pada saat pembukaan rapat kerja TP. PKK Kota Solok, Selasa (11/12) diaula TP PKK Kota Solok Jalan KS. Tubun Kelurahan Kampung Jawa Kecamatan Tanjung Harapan.

Reiner, dalam Rakor "Kesejahteraan Sosial Masyarakat" tersebut mengungkapkan mandeknya berbagai bidang usaha yang digeluti oleh masyarakat saat ini adalah bermuara pada minimnya dan ketiadaan modal usaha. Sehingga usaha yang susah payah dirintis oleh para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), seperti pedagang kaki lima (PKL), dan usaha lainnya menjadi stagnan dan jalan ditempat. Belum lagi lesunya daya beli masyarakat sehingga proses demand dan supplai disentra ekonomi, seperti pasar raya Solok, menjadi tidak bergairah.

Karenanya, agar UKM ini dapat kembali menggeliat dan bergerak perlu dukungan dan suntikan modal dari pihak bank. Jika ini tidak terjadi akibat sulitnya proses transaksi atau rendahnya kepercayaan bank pada nasabah, maka dikawatirkan kemerosotan ekonomi akan menimpa pelaku UKM dan ekonomi keluarga jadi carut marut. Karenanya, dengan peran aktif TP PKK dan kadernya, Pekerja Sosial Masyarakat, dan lainnya, dalam membantu, menopang dan membantu perekonomian keluarga, akan lahirlah ekonomi berbasis rumah tangga.

Disisi lain, Ny. Yet Zul Elfian menyebutkan dengan peran aktif para kader PKK dan dibantu pihak bank dalam bentuk suntikan dana berupa KUR, diharapkan akan membantu perekonomian masyarakat berbasis rumah tangga. Dan dari rumah tangga tersebut akan lahirlah produk-produk berkualitas yang mampu menjadi sentra ekonomi keluarga dan masyarakat.(Zulfikar)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)