Agam

Bangun TPA Moderen, Agam Dibantu Alat Berat

Warta Andalas | Senin, 26 Agustus 2013 - 17:57:50 WIB | dibaca: 1570 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Agar permasalahan sampah masyarakat dapat di kelola dengan baik, Pemerintah Pusat bakal memberikan bantuan dua unit alat berat dan pengembangan tempat pengolahan limbah untuk tahun 2014.

 

"Kita bakal dibantu oleh pemerintah pusat sebanyak dua unit alat berat tersebut berjenis satu unit Excapator dan satu unit loader," kata Kepala DPU Agam, Yunaldi didampingi Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan pada DPU Agam Azwir pada Wartawan.Senin(26/8).

 

Dia menjelaskan, jika Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) selesai kedua unit alat berat itu bakal di tempatkan di lokasi persampahan dan diharapkan dapat menangani penumpukan sampah setempat

 

"Saat ini, TPST telah memiliki sebanyak 20 kolam limbah penampungan sampah dan saluran pengolahan air limbah," jelasnya. 

 

Sedangkan, untuk akses jalan masuk kelokasi TPST di  Jorong Sungai Jariang sepanjang 2 km juga bakal di aspal, dimana pihaknya juga bakal membangun pagar sekeliling lokasi TPST sepanjang 5,5 hektar, instalasi penyaringan sirkulasi udara dan air serta pembenahan saluran lindi setempat.

 

Selain digunakan sebagai Tempat Pembuangan Akhir (TPA)  juga digunakan untuk tempat industri kompos, pemilahan biji plastik dan biogas yang diolah menjadi energi listrik.

 

Di mana, di ketahui tempat pengolahan sampah terpadu di harapkan mampu menjadi solusi efektif untuk mengatasi masalah sampah dan pupuk organik yang memberi mamfaat besar bagi masyarakat serta pertani di Kabupaten Agam. (jon)

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)