Padang

Bagian Humas Setdako Padang Gelar Bimtek Administrator dan Sosialisasi SOP

Warta Andalas | Selasa, 23 Oktober 2018 - 14:07:17 WIB | dibaca: 185 pembaca

WARTA ANDALAS, PADANG - Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) mengamanatkan bahwa setiap badan publik harus dapat mengelola informasi publik secara baik dan efisien dengan cara membangun dan mengembangkan sistem informasi dan dokumentasi yang dapat diakses dengan mudah oleh setiap orang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Padang, Suardi dalam sambutannya mewakili Walikota Padang pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Administrator dan Sosialisasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Tahun 2018, yang diselenggarakan oleh Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Padang di Ruang Bagindo Aziz Chan Balaikota Padang Aie Pacah, Selasa (23/10/2018).

“Informasi telah menjadi kebutuhan pokok setiap orang dan hak untuk memperoleh informasi adalah hak azazi manusia. Untuk itu, keterbukaan informasi publik hendaknya menjadi momentum untuk memberikan pelayanan informasi publik terbaik bagi masyarakat, dimana badan publik berkewajiban menyediakan dan melayani pemohon informasi publik secara cepat dan tepat”, jelas Suardi

“Sedangkan PPID berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan amanat UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik”, imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Suardi didampingi oleh Kabag Humas Setdako Padang, Imral Fauzi dan Kasubag Pelayanan Informasi Publik, Dewi Aftianengsih.

“Kita berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman PPID pembantu yang tersebar di 51 OPD di lingkungan Pemko Padang, berikut tenaga administratornya. Sehingga pelayanan informasi kepada publik lebih maksimal di bawah koordinasi Bagian Humas selaku PPID utama”, jelas Dewi.

Peserta bimtek tampak antusias dengan materi yang disajikan oleh narasumber dari Dinas Kominfo Kota Padang Erima Oneto, dari Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat Indra Sukma, dan dari Komisi Informasi Publik Sumatera Barat Yurnaldi (BT/ADHY/Hms)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)