Sawahlunto

Awali Operasi Zebra 2018, Polres Sawahlunto Laksanakan Gelar Pasukan

Warta Andalas | Selasa, 30 Oktober 2018 - 16:50:31 WIB | dibaca: 241 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO – Memasuki hari pertama pelaksanaan Operasi Zebra secara nasional tahun 2018, hari ini, Selasa (30/10) Polres Sawahlunto Sumatera Barat melaksanakan Gelar Pasukan di halaman Mapolres setempat.

Hadir dalam kesempatan itu, Wawako Sawahlunto Drs. H. Zohirin Sayuti, Ketua DPRD Adi Ikhtibar, SH, Ketua Pengadilan Negeri, Kasubbag TU Kemenag Okto Verisman, Dandim, Koramil, Kasat Pol PP Nurwansyah, serta sejumlah pihak terkait lainnya.

Apel kesiapan Operasi Zebra ini ditandai dengan penyematan pita tanda operasi, kepada perwakilan personil TNI/POLRI dan Dishub, serta Satpol PP.

Dalam pembacaan amanat Kakorlantas Polri, Kapolres Sawahlunto AKBP. Zamroni Wibowo, S.IK, MH menyampaikan bahwa Operasi Zebra 2018 ini dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia, guna mendorong lebih terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) serta meningkatkan kesadaran berlalulintas untuk meminimalisir angka pelanggaran dan kecelakaan.

“Pelaksanaan Operasi Zebra 2018 ditujukan sebagai upaya penegakan hukum dan meningkatkan kesadaran serta kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. Stop pelanggaran, Stop kecelakaan, Keselamatan untuk kemanusian,” sebutnya.

Selain itu, dalam amanat itu Zamroni Wibowo juga mangatakan bahwa gelar pasukan ini untuk mengetahui sejauhmana kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

“Kita menyadari, bahwa dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas tersebut tidak bisa berdiam diri, melainkan wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya. dalam hal ini menciptakan pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara Kamseltibcarlantas,” imbuhnya.

Guna mengatasi permasalahan lalu lintas tersebut, lanjut Kapolres, perlu dilakukan berbagai upaya untuk menciptakan situasi Kamseltibcar Lantas dengan memberdayakan seluruh stakeholder, supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dan menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas.

“Oleh sebab itu, diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara Kamseltibcar lantas, sehingga tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas,” ungkapnya.

Pada pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2018 kali ini, lanjut Kapolres, ada beberapa prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran operasi karena berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas, yaitu Pengemudi menggunakan Handphone, Pengemudi melawan arus, Pengemudi Sepeda Motor berboncengan lebih dari Satu, Pengemudi di bawah Umur, Pengemudi dan penumpang sepeda Motor tidak menggunakan Helm SNI, Pengemudi kendaraan bermotor menggunakan Narkoba/Mabuk dan Pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Sawahlunto, AKP. Rony AZ menambahkan bahwa dalam Operasi Zebra kali ini tidak melakukan pembinaan atau teguran, akan tetapi akan melakukan penindakan bagi pelaku pelanggaran Lalulintas.

“Kita berharap, setelah Operasi Zebra ini pelanggaran akan berkurang dan mampu mengurangi serta menekan angka kecelakaan,” ujarnya.

Tak seperti biasanya, dalam Gelar Pasukan kali ini ada tontonan menarik yang diperagakan dengan apik oleh Polisi Keamanan Sekolah (PKS) serta Polisi Cilik (Polcil) binaan Satlantas Polres Sawahlunto. (ap)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)