Kesehatan

Antisipasi DBD, Dinkes Agam Turunkan Petugas Survei Jentik di Sekolah

Warta Andalas | Kamis, 03 Oktober 2013 - 12:38:00 WIB | dibaca: 1345 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, akan mengadakan survai jentik nyamuk Aedes Aegypti yang ada di sekolah-sekolah tersebar di 16 kecamatan.

"Satu minggu kedepan kita bakal turunkan petugas survei dari Dinkes Agam bersama 22 Puskesmas ke sekolah - sekolah di 16 kecamatan,' kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Indra, Kamis (3/10).

Dia menjelaskan, dengan keterlibatan petugas pemantau jentik ini diharapkan antisipasi bisa cepat dilakukan sehingga nyamuk tidak terlanjur menjadi besar yang bisa membahayakan anak didik di sekolah..

"Kegiatan ini, untuk menangkal berjangkitnya  penyakit demam berdarah  (DBD) akibat  gigitan nyamuk aedes aegypti agar tidak meluas kesekolah," imbuhnya

Selain survei jentik nanti pihaknya juga mengajurkan agar sekolah juga melaksanakan gerakan 3 M Plus dan juga memberikan penyuluhan pada pihak sekolah akan pentingnya pemberantasan sarang nyamuk seperti mengubur kaleng dan botol bekas, serta membersihkan tempat penyimpanan air.

"3 M plus Inilah yang kita laksanakan selain dengan fogging" ungkapnya.

Dibentuknya tim survai dari dinas dan petugas puskesmas ini bertujuan agar sekolah terbebas dari DBD, dimana sekolah juga merupakan tempat yang biasanya dan sering menjadi kawasan wabah nyamuk tersebut.

Pemberantasan sarang merupakan progam utama untuk memberantas penyakit DB. Sebab dengan mekanisme seperti itu nyamuk dewasa tak akan bisa menetaskan telurnya menjadi nyamuk baru.

“Nyamuk ini suka pada genangan air bersih di sanalah mereka bertelur,” tuturnya

Pada kesempatan itu, berdasarkan data Dinkes kesehatan Kabupaten Agam, jumlah penderita penyakit DB selama Januari-Oktober 2013, yakni mencapai 93 orang. Data penderita DB tersebut terhimpun berdasarkan pasien yang berobat di Puskesmas hingga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Basung. (jon)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)