Sijunjung

Amril Datuak Paduko Rajo, Tokoh Muda Energik Asal Banjar Tengah Kamang Baru

Warta Andalas | Minggu, 14 April 2019 - 20:55:54 WIB | dibaca: 175 pembaca

WARTA ANDALAS, KAMANG BARU - Jorong Banjar Tengah Kenagarian Aie Amo Kecamatan Kamang Baru memiliki banyak sosok muda yang berpotensi membangun tanah kelahirannya dan wilayah Kabupaten Sijunjung kedepannya. Salah satu sosok muda tersebut ialah Amril Dt. Paduko Rajo atau akrab disapa Tuak Am.

Lahir di Jorong Banjar Tengah Kenagarian Aie Amo Kecamatan Kamang Baru pada 1 Juli 1971,  sosok muda i yang enerjik dan bijaksana dalam menyikapi setiap permasalahan, terutama dibidang adat istiadat di Nagari Aie Amo tersebut tanpa membedakan kaya dan miskin, semua dianggapnya sama. Bertekad membangun kampung halamannya dengan segala potensi yang dimilikinya.

Tentu saja semua itu membutuhkan sebuah dukungan besar dari segenap kerabat maupun masyarakat yang ada. Dengan demikian wajar saja seorang Datuak Amril memiliki cita- cita untuk membuat perubahan yang lebih baik kedepannya demi rasa cinta terhadap kampung halamannya. Meskipun saat ini dirinya belum terjun ke kancah dunia politik. Namun begitu, dirinya saat ini mempunyai keinginan untuk bergabung di salah satu Partai yakni Partai Amanat Nasional, Dimana dirinya merasa sudah saatnya berbuat untuk masyarakat banyak meskipun tidak mencalonkan diri sebagai bacaleg dalam Pileg tahun 2019.

Terkait rencana majunya ke kancah dunia politik dan menuju kursi Legislatif 2024 mendatang seperti keinginan beberapa anak kemenakan dan para kerabatnya, Datuak Amril hanya bisa mengaminkan.

“ Kecamatan Kamang Baru memiliki banyak tokoh muda yang berpotensi. Mudah-mudahan do’a para anak kemenakan dan juga para tokoh adat yang ada di Kenagarian Aie Amo diaminkan oleh Allah SWT dan Insya Allah, apapun yang kita lakukan selama ini bukan berarti saya ingin mengambil keuntungan secara pribadi dimasyarakat, bagaimanapun intinya saya berbuat untuk masyarakat dan untuk kemaslahatan bersama,” ujar Datuak Amril yang memiliki enam orang anak tersebut..

Menurutnya,  jika nanti dirinya dipercaya oleh masyarakat untuk masuk ke dunia politik, pihaknya mempercayakan saja semuanya kepada ninik mamak dan para tokoh adat serta anak kamanakan dan orang kampung. “ Saya beranggapan bahwa sukses berarti membawa manfaat untuk orang lain dan hidup bermanfaat untuk orang banyak itulah yang dinamakan sukses hidup,” terangnya.

Sorotan yang banyak ditujukan padanya membuat pria yang murah senyum tersebut terpacu untuk memenuhi target. Itulah sebabnya dirinya konsisten memegang nilai-nilai yang dianggapnya penting. “Yang pertama kejujuran. Sekali berbohong, seorang politikus akan berusaha menutupinya dengan kebohongan lainnya. Yang kedua, rendah hati, artinya tidak merasa pendapatnya adalah yang paling benar, juga untuk menghindarkan dari sifat sombong dan angkuh. Yang ketiga be open–minded, artinya mampu berpikir terbuka sehingga menerima pendapat, saran, ataupun kritikan dari berbagai pihak. Yang keempat menjaga profesionalitas tidak mengedepankan emosi.” tuturnya.

Pihaknya juga bersyukur dengan segala pencapaiannya sampai saat ini. Ia dan sang istri telah dapat hidup lebih bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar.  “ Siapa pun yang berniat menjadi politisi harus berbekal potensi dan sadar dengan kemampuannya, jangan sampai hanya dijadikan alat untuk kepentingan sekelompok orang. Selain itu, menurutnya, seorang politisi harus memiliki ide dan rencana yang baik utk kesejahteraan rakyat. Jika  tidak ada ide atau rencana yang membuat rakyat lebih baik dari kepemimpinan sebelumnya,maka jangan memaksakan diri,” tutupnya.

Ucapan mohon restu juga terluncur dari hati kecilnya agar bisa berbuat lebih banyak lagi buat tanah kelahirannya di Jorong Banjar Tengah Kenagarian Aie Amo Kecamatan Kamang Baru beserta masyarakatnya, khususnya Kabupaten Sijunjung. (isk)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)