Lintas Provinsi

Akibat Hujan dan Laut Pasang, Banjir Landa Bangka Barat dan Bangka Tengah

Warta Andalas | Minggu, 11 Maret 2018 - 19:30:57 WIB | dibaca: 180 pembaca

WARTA ANDALAS, BABEL - Hujan lebat bersamaan dengan air laut pasang, menyebabkan debit sungai melimpah hingga menimbulkan banjir di beberapa wilayah di Kabupaten Bangka Barat dan Bangka Tengah Provinsi Bangka Belitung, Minggu (11/3) dinihari sekitar pukul 02:30 WIB.

Akibat banjir di kedua wilayah tersebut, ratusan rumah warga erta sejumlah fasilitas umum terendam banjir dan menyebabkan berbagai kerusakan infrastruktur.

Banjir di kabupaten Bangka Barat

Di Bangka Barat, banjir melanda kecamatan Muntok mengakibatkan kerusakan di desa Air Putih, Kelurahan Sungai Daeng, Kelurahan Tanjung, Kelurahan Belo Laut dan kelurahan Sungai Baru.

Dari informasi yang diterima redaksi, ribuan jiwa penduduks etempat pun terdampak banjir, diantaranya warga kelurahan Sungai Daeng sebanyak 34 KK / 104 jiwa, Kel. Tanjung sebanyak 511 KK / 2.044 jiwa, Kel. Sungai Baru sebanyak 7 KK / 9 jiwa dan Kel. Belo Laut sebanyak 350 KK / 937 jiwa.

Selain berdampak pada rumah warga, banjir yang mencapai ketinggian 1 – 2 meter itu juga meluluhlantahkan sejumlah fasilitas umum, diantaranya 2 unit jembatan rusak, 1 unit jembatan putus dan 4 titik jalan umum putus/ rusak.

Akibat peristiwa itu, saat in pihak  BPBD Kaupaten Bangka Barat telah di lokasi kejadian guna melakukan pendatan serta membuat jembatan darurat dengan batang kelapa.

Sedangkan Dinas Kesehatan setempat, telah mendirikan Pos Kesehatan, begitu juga Dinsos, telah mendirikan dapur umum.

Sementara itu, banjir yang melanda Kabupaten Bangka Tengah pada Minggu (11/3) sekitar pukul 00:20 WIB juga menggenangi desa Nibung Kecamatan Nibung, yang saat ini masih masih dalam pendataan.

Di wilayah ini, banjir mengakibatkan kerusakan pada 1 Unit jembatan rusak berat, 9 Unit rumah terendam dengan tinggi banjir mencapai 50 – 100 cm.

Sumber: Sutopo Purwo Nugroho

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)