Agam

Akhir TAHUN 2013, DKP Agam Targetkan Lima Hektar Kolam

Warta Andalas | Rabu, 28 Agustus 2013 - 11:37:31 WIB | dibaca: 1178 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM – Selama periode Januari-Mei 2013, Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Kelautan dan Perikanan sudah membuat seluas empat hektar kolam ikan untuk masyarakat, dengan target akhir 2013 seluas lima hektar harus siap.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Agam Ermanto kepada wartawan, Rabu (27/8) di ruang kerjanya, Lubuk Basung.

"Kami menargetkan, akhir tahun ini lahan seluas lima hektar harus selesai, agar usaha kolam milik petani bisa berkembang. Selain itu target produksi ikan sebanyak 73.803 ton pada 2013 juga bisa tercapai.

Empat hektar yang sudah selesai tersebut, tersebar di beberapa kecamatan diantaranya, Kecamatan Baso dengan luas 1,5 hektar, Tilatang Kamang 0,5 hektar, Palembayan dan Tanjung Mutiara masing-masing satu hektar.

Target yang dicapai ini berdasarkan kontrak antara Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia  dengan gubernur, bupati dan wali kota se-Sumbar. Sementara, Kabupaten Agam merupakan target produksi perikanan terbesar di Sumbar dari tahun 2011 sampai 2014 dengan total 90.837 ton, "tukas Ermanto

Ermanto menambahkan, untuk syarat pembuatan kolam, masyarakat hanya mengajukan surat peminjaman alat bantuan kepada DKP, dan DKP akan meninjau lokasi pembuatan kolam tersebut.

Apabila layak, sebutnya maka DKP Pemkab. Agam akan segera meminjamkan excavator bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, guna pembuatan kolam tersebut.

"Kami tidak memungut biaya apapun,  diluar pengeluaran biaya bahan bakar minyak, "pungkasnya.

Ia berharap, agar masyarakat menyadari betapa banyaknya manfaat lahan tidur bagi masyrakat, terutama bagi masyarakat yang dekat dari sumber mata air, karena itu sangat membantu sekali dalam proses produksi ikan. (jon)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)