Purbalingga

Ajang Popda sebagai Ajang pencarian Bakat Atletik

Warta Andalas | Senin, 11 Februari 2019 - 09:22:55 WIB | dibaca: 170 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA - Ajang pekan olahraga pelajar daerah (Popda) Tahun2019, menurut pelatih Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Purbalingga Selamet Aris digunakan sebagai ajang pencarian bakat. Dari ajang Popda diharapkan dapat mencetak atlet-atlet yang berprestasi di tingkat tingkat yang lebih tinggi seperti pekan olahraga provinsi (Porprov) Jateng dan Nasional.

“ PASI Purbalingga mempunyai target setiap ajang Porprov harus dapat mendali. Porprov 2018 kita dapat menyumbangkan 1 mendali emas dari nomor lompat jauh atas nama Arianto Firmansyah dan 1 mendali perak dari nomor lempar lembing atas nama Surih,” katanya saat Popda Atletik di GOR Goentor Darjono, Jum’at (8/2).

Aris menyadari pembinaan atlet yang dilakukan diwilayah baik SD, SMP maupun SMA/SMK ada yang rutin ada yang saat ajang popda dan tidak. Aris berharap kepada pelatih diwilayah agar dilakukan pembinaan dilakukan secara rutin  sehingga ajang Popda bisa menjadi ajang pemilihan atlet-atlet terbaik di sekolahnya.

“ Pada ajang Popda kali ini ada sedikit perubahan khususnya untuk SD yakni untuk cabang lempar turbo, loncat katak dan lari sprint gawang tahun ini ditiadakan. Cabang atletik untuk SD hanya lari 800 meter putra-putri (pa-pi) , lompat jauh pa-pi dan tolak peluru pa-pi,” kata Aris yang juga guru SDN Purbalingga Kidul.

Untuk SMP cabang olah raga (cabor) yang dipertandingkan lari jarak menengah 800 meter dan 1500 meter, untuk nomor lempar  yakni tolak peluru cakram dan lembing  ditambah dengan lompat jauh dan lompat tinggi. Cabor Atletik SMA/SMK sama dengan SMP hanya ditambahkan untuk nomor lompat jungkit, lari 100 meter, 200 meter, jalan cepat 3000 meter  serta lari 5000 meter pa-pi

“ Lomba lari 1500 meter SMA sudah dilaksanakan saat pembukaan POPDa yang dilepas oleh kepala Dinporapar , berjalan secara lancar tanpa adanya kendala. Pada kesempatan ini saya juga berterimakasih pada ketua PASI Purbalingga Sunarto yang telah memberikan sumbangsihnya kepada kemajuan olahraga atletik di Purbalingga,” katannya. (PI-2)  





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)