Agam

Agam Membutukkan 1.979 Tenaga Pendidik Untuk SD dan SMP

Warta Andalas | Kamis, 15 Februari 2018 - 09:03:54 WIB | dibaca: 139 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Kepala (Disdikbud) Kabupaten Agam Drs Isra Mpd mengatakan  Kabupaten Agam kekurangan tenaga guru SD dan Guru SMP.

"Berdasarkan data 2018 Sekitar 1.979 orang tenaga pendidik yang dibutuhkan untuk dapat memenuhi kekurangan tersebut, Baik  tenaga guru kelas, guru agama maupun guru mata pelajaran,” ujar Isra, usai pelantikan penjabat fungsional. selasa (13/02).

Diantaranya untuk SD dibutuhkan 1.641 orang guru dan SMP sebanyak 338 orang guru, salama ini pihak sekolah secara swadaya mempekerjakan guru-guru tenaga honorer yang digaji menggunakan dana yang terbatas berasal dari dana BOS atau alokasi anggaran yang diupayakan oleh sekolah masing-masing.

Sementara itu, selain antisipasi dengan mempekerjakan tenaga guru honorer, upaya lain yang dilakukan pemerintah daerah dengan membantu sekolah melalui alokasi APBD berupa bantuan biaya operasional, dan ATK. Serta mulai menganggarkan biaya transportasi sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah pada guru honorer. 

"Untuk tahun ini kita akan coba bantu dengan memberikan uang transport  per triwulanya kepada  guru honorer” ujar Isra

Terkait dengan kekurangan tenaga guru , BKPSDM Agam telah mengajukan usulan pembukaan sekitar 500 formasi CPNS pada MenPan-RB.

Usulan tersebut disampaikan setelah pihaknya melakukan analisa jabatan (anjab) sebagai salah satu syarat untuk pengusulan formasi CPNS. Dari hasil analisa tersebut dapat diketahui Agam membutuhkan tenaga pendidik, kesehatan, tenaga teknis dan posisi lainnya.

“Sekarang kita baru mengirimkan usulan ke Kemen PAN-RB, sekitar 500 formasi. Namun berapa jatah yang diberikan kepada kita belum diketahui,” ujarnya. (khw)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)