Sawahlunto

Adrius Putra Harapkan TPA Kayu Gadang Jadi Destinasi Wisata

Warta Andalas | Rabu, 08 Februari 2017 - 17:43:00 WIB | dibaca: 457 pembaca

WARTA ANDALAS,SAWAHLUNTO – Selesainya pembangunan kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berlokasi di Kayu Gadang desa Santur kecamatan Barangin kota Sawahlunto, Sumatera Barat  yang bersumber dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2015 senilai Rp.10.805.438.000, melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Cipta Karya, Satuan Kerja Pengembangan Air Minum dan Sanitasi Propinsi Sumatera Barat, diharapkan dapat menjadi destinasi wisata baru di kota ini.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup kota sawahlunto, Adrius Putra, S.Pt saat mengunjungi lokasi tersebut, Rabu (8/2).

“Selain sebagai destinasi wisata, saya juga berharap TPA ini dapat menjadi sarana menimba ilmu bagi para pelajar serta mahasiswa,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyatakan tekadnya untuk terus melakukan pengembangan lebih lanjut di kawasan itu.

Sementara itu, kawasan TPA Kayu Gadang juga merupakan area pengolahan sampah berbasis Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Dengan lokasi yang cukup luas mencapai dua hektare, tempat itu dapat menampung seluruh sampah, baik yang dihasilkan oleh rumah tangga maupun pasar-pasar yang ada, dan diprediksi mampu melayani permasalahan sampah hingga 25 tahun kedepan.

Selain dilengkapi dengan sel sampah berupa instalasi Geo Membran, juga dilengkapi dengan kolam IPAL dan jalan lingkungan sepanjang kurang lebih 400 meter menggunakan hotmix, untuk menyambung lokasi TPA dengan ruas jalan Kayu Gadang. (ap)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)