Agam

448 pelajar Terima Zakat Dari Baznas Agam

Warta Andalas | Sabtu, 22 Desember 2018 - 14:37:49 WIB | dibaca: 550 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, salurkan zakat sebesar Rp.73 juta lebih pada 448 siswa tingkat SD dan SMP se-Kecamatan Lubuk Basung.

Penyerahan zakat dilakukan Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria Dt Tumangguang Putiah, didampingi, Sekab. Agam, Martias Wanto Dt Maruhun, Ketua Baznas Agam, Eldi Zein dalam rangkaian kegiatan wirid Korpri Agam, di masjid Agung Nurul Fallah, Lubuk Basung, Jum’at (21/12).

Pada kesempatan itu, Trinda Farhan Satria menuturkan ucapan terimakasihnya pada Baznas Agam, yang telah menyalurkan zakat beasiswa pada pelajar untuk membantu meringankan beban orang tua mereka dalam melanjutkan pendidikan.

Disebutkan, penyaluran zakat di Agam, secara pemerintah dihargai dan diapresiasi oleh pemerintah pusat, sehingga Bupati Agam diberikan penghargaan oleh Presiden melalui Menteri Sosial terkait kesosialan di daerah itu.

“Zakat disalurkan tidak pada sembarangan orang, penerimanya harus ditentukan melalui delapan asnaf yang telah diajarkan dalam agama Islam,” ujarnya.

Wabup berharap, agar zakat yang diterima dapat dipergunakan dengan baik, jangan disalahgunakan untuk keperluan lain.

“Semoga zakat jadi motivasi bagi mereka untuk lebih semangat belajar agar masa depan yang cerah bisa dicapai dikemudian hari,” ujarnya berharap.

Ketua Baznas Agam, Eldi Zein menyebutkan, zakat disalurkan berupa beasiswa melalui program Agam cerdas Baznas. Sebelumnya, secara maraton zakat juga sudah dusalurkan pada 15 kecamatan lainnya.

“Zakat bersumber dari sekolah-sekolah dan mempercayakan Baznas Agam untuk kelola zakatnya, yang diperuntukkan untuk siswa dari keluarga kurang mampu,” ujarnya.

Penerima zakat sebelumnya sudah disurvey oleh petugas Baznas Agam, sehingga untuk Lubuk Basung ditetapkan pada 448 orang dengan rincian tingkat SD 327 orang, SMP 119 orang. Di samping itu juga ada untuk MA 2 orang karena sekolahnya berzakat melalui Baznas Agam.

“Tingkat SD menerima zakat sebesar Rp.49 juta lebih, masing-masing menerima Rp.150 ribu, SMP Rp.23 juta lebih, menerima Rp.200 ribu per orang dan MA Rp.500 ribu, menerima Rp.250 ribu per orang,” ujarnya.

Eldi Zein mengharapkan, kedepan lebih banyak mustahik yang akan berzakat melalui Baznas Agam, sehingga lebih banyak pula masyarakat terbantu.(khw)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)