Sijunjung

42 M Anggaran Sijunjung Tak Bisa Direalisasikan

Warta Andalas | Sabtu, 26 November 2016 - 15:36:44 WIB | dibaca: 362 pembaca

WARTA ANDALAS, SIJUNJUNG - Terhitung hingga Jumat (18/11), belanja lansung Pemerintah Kabupaten Sijunjung baru mencapai angka 58 persen. Sementara belanja tidak langsung, berada angka 76 persen, dengan total keseluruhan realisasi anggaran tahun 2016 sekitar 64 persen dari target Pemerintah kabupaten Sijunjung, yaitu diangka 92 persen hingga diakhir tahun. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala DPKD Kabupaten Sijunjung, Hasmizon, Jumat (25/11).

Hasmizon menuturkan, dari seluruh pekerjaan yang terdapat di ABPD Perubahan, hanya 92 persen pekerjaan yang bisa diker­jakan. Sementara 8 persen atau sekitar Rp42 miliar tidak bisa direalisasikan dan menjadi silpa.  “Pekerjaan fisik yang gagal dilaksana­kan paling banyak terdapat di Dinas PU, disusul Dinas Pendidikan. Dari Rp42 miliar tersebut, 85 persen adalah pekerjaan fisik, sementara 15 persennya berupa oprasional di SKPD terkait,” sebutnya.

Kendala pencapaian realisasi anggaran tersebut, menurut Hasmizon, terkait dengan kondisi cuaca yang saat ini cenderung hujan, sehingga akan sulit melaksanakan pekerjaan.

“Selain kendala cuaca, OPD baru juga menjadi alasan sulitnya merealisasikan seluruh pekerjaan, termasuk anggaran perubahan. Karena SKPD tidak ingin mengambil resiko,” tutur Hasmizon.

Meski begitu, Hasmizon menyarankan agar SKPD untuk mengejar target target pekerjaan yang sudah dimulai.

“Karena jika pekerjaan tidak final pada waktu yang ditentukan, maka pemerintah hanya bisa berupaya menambah waktu pekerjaan hingga beberapa hari tahun anggaran berjalan, dan itu akan berdampak tidak bisanya anggaran direalisasikan dan harus menunggu APBD P tahun depan. Untuk itu kita sarankan agar SKPD terkait terus mengupayakan agar setiap pekerjaan yang telah mulai segera disele­saikan,” imbaunya. (ednjonkz)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)