Solok

38 Ekor Kuda Berlaga di Ampang Kualo

Warta Andalas | Rabu, 02 Mei 2018 - 13:19:44 WIB | dibaca: 468 pembaca

WARTA ANDALAS, SOLOK - Basilanja, itu tema yang dipopulerkan oleh pemerintah Kota Solok dalam iven pacuan kuda, dalam acara tahunan Pordasi Sumbar ke VII tahun 2017/2018 dilapangan pacuan kuda Ampang Kualo Kelurahan Kampung Jawa Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok. Tidak tanggung-tanggung, iven pacuan kuda ini diikuti bukan saja oleh atlet pacu kuda dalam Propinsi Sumbar tapi juga diluar Propinsi Sumbar. Seperti Propinsi Riau, Jambi, dan DI Aceh.

Nurzal Goestim, Kabag Humas Setretariat Daerah Kota Solok, dalam Press Realease menyebutkan iven pacuan kuda yang digelar pada hari Sabtu (5/5) sampai Minggu (6/5) di Ampang Kualo diikuti sebanyak tiga puluh delapan ekor kuda dari berbagai jenis dan club. Ketiga puluh delapan ekor kuda ini bakal berlomba dalam dua race. Race pertama sebanyak 11 Race, dan Race kedua sebanyak 13 Race. Selain itu, peserta serta pengunjung bakal disuguhi pertunjukan seni tradisional khas Kota Solok. Diantaranya, tari piring dan silek tuo yang hingga hari ini cukup berkembang dalam bentuk sanggar dan group seni nagari Solok. 

Jeprizal, S.Pt, MT, Ketua Panpel dan Asisten II Pemko Solok mengungkapkan dengan pelaksanaan iven pacuan kuda ini, akan terbuka jalan menuju Kota Solok year 2020. Selain itu, pariwisata Kota Solok akan berkembang kearah yang lebih baik dan dikenal luas di Sumbar dan Nasional. Basilanja atau pacu kuda ini, kata Jep, sudah masuk dalam acara tahunan Pordasi Sumbar dan merupakan kalender tahunan pariwisata Kota Solok. Dengan pacuan kuda diharapkan kunjungan wisatawan ke Kota Solok akan meningkat dan destinasi wisata Kota Solok akan dikenal, seiring bangkitnya objek-objek wisata diwilayah Kota Solok. Baik objek wisata yang dikelola pemerintah Kota Solok, seperti Pulau Belibis, Cotage Solok, Barner Solok Kota. Termasuk objek wisata yang dikelola masyarakat seperti Solok Water Park dan Rumah Pohon.

"Datanglah pada Sabtu depan dan saksikan iven Basilaja pacuan kuda Ampang Kualo Kota Solok" Kata Jeprizal.(zfk)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)