Solok

350 Milyar Bantuan Pemerintah Pusat Untuk Pembangunan GOR Laing "Menggantung"

Warta Andalas | Selasa, 30 Januari 2018 - 13:25:04 WIB | dibaca: 221 pembaca

WARTA ANDALAS, SOLOK - Sebanyak 350 Milyar bantuan pemerintah pusat kepada pemerintah Kota Solok "menggantung" dan tidak bisa dicairkan. Bantuan tersebut diperuntukan bagi pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) Kota Solok di Kelurahan Laing Kecamatan Tanjung Harapan. Menggantungnya dana dari pemerintah pusat disebabkan belum selesainya persoalan tanah seluas 13 Hektar disekitar lokasi pembangunan GOR tersebut, dimana harga tanah yang ditawarkan oleh pemilik tanah lebih jauh lebih tinggi dari harga yang dipatok oleh tim independen yang dibentuk oleh pemerintahan Provinsi Sumatera Barat.

Dari hasil investigasi media ini, pada tahun 2016 lalu harga tanah yang telah berhasil dibebaskan pemerintah Kota Solok hanya berkisar 10.4000 permeter. Tapi disebabkan kurangnya lahan yang telah dibebaskan jika diukur dengan megahnya GOR Laing, maka pemko merasa perlu untuk menambah lahan disekitarnya, agar dapat dimanfaatkan untuk parkir serta kantor-kantor pengcab olahraga di Kota Solok. Selain itu, jika Kota Solok tuan rumah iven nasional maupun internasional dikawatirkan kesulitan dalam penyediaan lahan parkir dan sebagainya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Jusmardi mengungkapkan tergantungnya dana bantuan dari pusat disebabkan belum selesainya negosiasi ganti rugi tanah yang terdapat disekitar area pembangunan GOR. terutama persoalan harga yang hingga hari belum disepakati oleh pemilik tanah dengan tim independen (amparsal). Tapi walau dana ini menggantung, dana bantuan tersebut tidak hilang atau kembali ke kas Kemenpora. Pihak Kemenpora menunggu hasil dari tim independen (amparsal) untuk pengucuran dana tersebut.

"Kami sedang menunggu hasil kerja dari tim independen ini. Jika sudah didapat kesepakatan pembangunan akan dilanjutkan, tapi jika tidak dicapai kesepakatan pembangunan akan tetap dilanjutkan dengan tanah yang sudah dibebaskan" Katanya. (zfk)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)