Agam

30 Penyuluh di Sumbar Ikuti Diklat Kepenyuluhan di Tiga Nagari

Warta Andalas | Selasa, 16 Mei 2017 - 20:15:51 WIB | dibaca: 113 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Sebanyak 30 penyuluh pertanian berbagai kota dan kabupaten di Sumatera Barat mengikuti pendidikan dan latihan dasar ahli penyuluh pertanian di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penyuluh pertanian Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Diklat Pertanian Provinsi Sumatera Barat dimulai Senin (15/5) sampai Sabtu (20/5), Kedatangan peserta disambut Kepala UPT Pertanian Kecamatan Tilatang Kamang, Masripin, 

"Ke 30 peserta ini akan disebar di tiga nagari di Kecamatan Tilatang Kamang, seperti di Nagari Gadut, Koto Tangah dan Nagari Kapau," kata Masripin.

Pihaknya siap melakukan pendampingan dan sebagai fasilitator dalam pelaksanaan praktek kompetensi bagi peserta diklat penyuluh pertanian ini.

Sementara itu, pimpinan rombongan Ir. Eva Manjas, MP, menyampaikan, tujuan praktek kompetensi ini agar peserta diklat mampu mengaplikasikan materi diklat yang diterima selama proses belajr mengajar di ruangan kelas. seperti, indentifikasi potensi wilayah, menyusun progam penyuluhan, menyusun rencana kerja dan melakukan evaluasi terhadap hasil penyuluhan itu sendidi.

Sehingga kompetensi peserta dilkat sebagai penyuluh pertanian ahli dapat tercapai. Disamping itu, dengan praktek kompetensi peserta diklat mampu memupuk rasa perca diri dalam menjalankan tugas sebagai penyuluh pertanian.

Dengan cara ini, kata Eva, peningkatan kemampuan penyuluh pertanian dalam mengindetifikasi kebutuhan dan potensi petani dan pelaku agribisnis lainnya menjadi penting. (jon)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)