Kesehatan

22 Puskesmas Terapkan Sistem Informasi Kesehatan

Warta Andalas | Rabu, 11 September 2013 - 16:51:17 WIB | dibaca: 2953 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menerapkan Sistem Informasi Kesehatan (SIK) dengan format baru melalui aplikasi info kesehatan (infokes) di 22 puskesmas se Agam. 

 

Kabid Inprokes pada Dinas Kesehatan Kabupaten Agam Indra Ramli, SKM.M.kes mengatakan, aplikasi info kesehatan  ini merupakan  Sistem Pencatatan dan Pelaporan Terpadu Puskesmas (SP2TP)  untuk mengevaluasi sejauh mana program SIK di setiap puskesmas berjalan.Rabu (11/10).

 

Dia menjelaskan, SP2TP ialah laporan yang dibuat semua puskesmas pembantu, posyandu, puskesmas keliling bidan-bidan desa dan lain-lain yang termasuk dalam wilayah kerja puskesmas dan upaya pelayanan kesehatan di Puskesmas

 

"Ini dibuktikan sebanyak 22 petugas pengelola SIK Puskesmas di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Agam siap untuk mengentri data setiap bulannya melalui Aplikasi Infokes," katanya.

 

Selain itu, pihaknya turut mensosialisasikan penggunaan aplikasi yang diadakan  di aula Dinkes setempat,  pada  (5/10) kemarin yang menghadirkan pihak Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Yuliusman,SKM.

 

Menurutnya, kegiatan aplikasi ini merupakan kegiatan pencatatan dan pelaporan puskesmas secara menyeluruh (terpadu) dengan konsep wilayah kerja puskesmas, dimana  SIK sangat besar manfaatnya untuk memajukan daerah. Baik dari segi pelaporan maupun pendataan dan membantu kelancaran pembangunan di bidang kesehatan.

 

"Sistem pelaporan ini diharapkan mampu memberikan informasi baik bagi puskesmas maupun untuk jenjang administrasi yang lebih tinggi, guna mendukung manajemen kesehatan," imbuhnya

 

Sedangkan,  Kepala Seksi (Kasi) Data dan Informasi Arma Citra, S.Gz menambahkan, bahwa dari hasil pertemuan tersebut seluruh petugas SIK yang ada di masing – masing Puskesmas menyatakan siap untuk mengentri kembali data SP2TP Puskesmas dengan format baru ke aplikasi Infokes, mulai Bulan Oktober 2013. 

 

"Kita akan selalu memberikan pendampingan bagi pengelola Puskesmas dalam proses entri data tersebut," tuturnya. (jon)

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)