Parsenibud

20 Oktober, Buru Babi Akbar di Padang Laban Pessel

Warta Andalas | Sabtu, 12 Oktober 2013 - 09:03:46 WIB | dibaca: 2827 pembaca

Kapten Inf. Anas, Ketua PORBI Nagari Pasie Pelangai

WARTA ANDALAS, PESSEL - Sepertinya penggila buru babi bakal mendapatkan sensasi baru di Padang Laban, nagari Pasie Pelangai, kecamatan Ranah Pesisir tanggal 20 Oktober 2013 nanti. Pasalnya, Persatuan Olah Raga Buru Babi (PORBI) setempat akan menggelar buru babi akbar dengan mengundang seluruh komunitas olah raga penuh tantangan itu di Sumbar, Riau, Jambi dan Bengkulu.

“Undangannya sudah dikirim,” sebut Ketua PORBI Nagari Pasie Pelangai, Kapten (Inf) Anas, Senin (7/10) di Balai Selasa, Pessel. “Ini sekaligus peresmian berdirinya PORBI Nagari Pasie Pelangai,” tambahnya sembari menyebutkan, malamnya para undangan akan dihibur dengan musik tradisional Rabab dan Gandang Sarunai.

“Pokoknya penggila buru babi akan mendapatkan sensasi baru di tempat kami,” tambah Anas yang juga Danramil Ranah Pesisir dan Linggo Sari Baganti itu.

Didampingi Sekretaris PORBI Eril dan Kepala Kampung Padang Laban Agusman, Anas yang mantan pemain PSAD itu menambahkan, panitia sudah menyiapkan empat lokasi perburuan, yaitu di Rawa Padang Laban, Bukik Kaciak, Bukik Kaha dan Bukik Sualang.

“Lokasi perburuan ini tersebar di nagari Pasie Pelangai dan Sungai Liku Pelangai, kecamatan Ranah Pesisir, serta nagari Lakitan Selatan, kecamatan Lengayang,” jelasnya sembari mengatakan, tamu undangan akan dijamu di Komplek Pertanian Padang Laban pada malam Minggu tanggal 19 Oktober.

“Ini sekaligus membantu petani yang kini sangat resah oleh serangan hama babi hutan,” lanjut Anas.

“Tanaman petani pada rusak oleh babi hutan,” tambahnya sembari menyebutkan, kini babi-babi tersebut diberi makan sagu guna persiapan perburuan hari Minggu 20 Oktober nanti. Supaya babi-nya pada ngumpul dan enak diburu,” ujarnya sembari mengatakan, di empat lokasi tersebut sangat banyak babi hutan yang siap diburu guna melepas candu para penggila buru babi.

Dikesempatan itu Anas dan Eril menghimbau masyarakat untuk ikut membantu suksesnya acara buru babi lintas propinsi tersebut. “Mari kita sambut tetamu kita dengan ramah,” ajak Anas.

“Kita sudah persiapkan segala sesuatunya guna menyukseskan alek gadang buru babi lintas propinsi ini,” timpal Agusman sembari menghimbau masyarakat untuk tidak melepas ternak peliharaannya waktu buru babi berlangsung.

“Insya Allah, penggila buru babi bisa melepas candu di tempat kami,” pungkas Anas. (Novermal)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)