Agam

150 Orang KSB Ikuti Pembekalan dan Apel Siaga

Warta Andalas | Selasa, 17 Desember 2013 - 18:54:16 WIB | dibaca: 853 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat melaksanakan pembekalan dan apel siaga dalam rangka peningkatan kapasistas kelembagaan kelompok siaga bencana nagari se Kabupaten Agam.

Pembekalan ini bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam di ikuti sebanyak 150 orang paga nagari di aula Stikes Ceria Buana, Selasa (17/12).

Dalam sambutan Kepala BPBD Kabupaten Agam Bambang Warsito yang sekaligus membuka kegiatan tersebut menyambut baik digelarnya pembekalan dan apel siaga bagi paga nagari yang berada di Kampung Siaga Bencana (KSB) semoga mampu manambah pemahaman dalam menghadapi setiap bencana diwilayah Agam.

"Dengan dilaksanakanya kegiatan ini minimal bisa memberikan tambahan pengetahuan para peserta dalam menghadapi segala kemungkinan bila terjadi bencana," katanya.

Dia merinci, peserta berasal dari delapan kecamatan yakni, Kecamatan Tanjung Lubukbasung, tanjung Mutiara, IV Nagari, Candung, IV Koto, Palupuh, Tanjung Raya dan Kecamatan Malalak.

Selain itu, Kasi Pencegahan pada Dinas BPBD Sumbar Harmis menyampaikan, ingin meningkatkan kapasitas relawan siaga bencana dan keterampilan Kampung Siaga Bencana diwilayah Agam.

"Peranan relawan bencana yang dilakukan secara bertahap saat ini baru pertama dilaksanakan di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam," imbuhnya

Kata dia lagi, ini merupakan salah satu tahap dasar bagi KSB di Kabupaten Agam dan akan berlanjut pada tahap selanjutnya yaitu melalui diklat sehingga relawan memiliki sertifikasi oleh BNPB.

"Kita mengharapkan relawan bencana ini dapat bermitra kerja dengan walinagari, memberikan sosialisaasi pada masyarakat mengenai bencana sesuai aturan rawan bencana dan lainya," katanya

Kedepan kegiatan yang ini terus dilanjutkan karna sesuai dengan Peraturan dan acuaan yang telah ada pada BNPB No. 8 tahun 2011 tentang standarisasi data kebencanaan.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pemberian materi pembekalan untuk peserta dari Nara Sumber Polres Agam dan Kodim 0304 Kabupaten Agam. (jon)

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)