Agam

1 Ton Bibit Kedele, Dikembangkan Di Kecamatan Magek

Warta Andalas | Rabu, 26 September 2018 - 11:00:55 WIB | dibaca: 59 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Program pegembangan berbagai komoditi perkebunan terus dipacu jajaran Pemkab Agam sampai ke tingkat nagari dan kecamatan. Saat ini, fokus budidaya komoditi unggulan difokuskan dalam mendorong peningkatan kesejahteraan petani.

Seperti halnya di Kecamatan Kamang Magek, kabupaten Agam yang mulai mengembangkan tanaman kedela, ditmana untuk tahap awal akan ditanam 1 ton bibit kedela di areal seluas 20 hektar di jorong Pauah, nagari Magek, kecamatan Kamang Magek.

Program pengembangan komoditas kedele ditandai dengan penanaman perdana program 1 ton bibit kedele oleh camat Kamang Magek Harmezi bersama anggota kelompok tani Giat, jorong Pauah, Senin, (24/9).

Menurut Camat Kamang Magek Harmezi, pengembangan tanaman kedele itu merupakan salah satu program khusus yang dikembangkan pihaknya bersama pemerintah nagari dan kelompok tani setempat, mengingat potensi kedele sangat bagus dikembangkan di wilayah itu.

Harmezi menjelaskan, wilayah Kamang Magek, mayoritas masyarakat saat ini mengembangkan komoditi kedele, di areal yang sulit mendapatkan air sawah, termasuk di sepanjang areal pebukitan dan perkebunan warga.

Penanaman 1 ton bibit kedele itu merupakan salah satu agenda khusus yang didorong pihaknya bersama Pemkab Agam dalam mengembangkan potensi kedela, seiring dengan program Agam menyemai, dan pemanfaatan lahan kosong di wilayah kecamatan Kamang Magek.

Di kecamatan Kamang Magek sendiri, berbagai terobosan kini dilakukan jajaran pemerintah nagari dan kecamatan, untuk memacu pengembangan beragam potensi pertanian dan perkebunan, yang direspon khusus para petani. (khw)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)