Bank Nagari Syariah Sosialisasikan Q-Ris dan Digital Banking untuk Penerimaan Infak

By Administrator 20 Feb 2020, 08:27:10 WIB Bukittinggi
Bank Nagari Syariah Sosialisasikan Q-Ris dan Digital Banking untuk Penerimaan Infak

WARTA ANDALAS, BUKITTINGGI - Bank Nagari mengelar sosialisasi Quick Response Indonesia Standard (Q- RIS) dan Digital Banking untuk penerimaan infaq dan sedekah pada masjid masjid se kota Bukittinggi.Rabu (19/2).

Sosialisasi yang dipusatkan di Aula Kantor Walikota Bukittinggi  dibuka langsung oleh Asisten II Setdako Bukittinggi Hj Ellia Makmur dan diikuti oleh pengurua Masjis se Kota Bukittinggi, Ketua Baznas, Ketua Dai kota Bukittinggi.

Dalam acara itu menghadirkan Ketua MUI Provinsi Sumbar Buya Gusrizal Gazahar sebagai Narasumber bersama Direksi Bank Nagari diwakili oleh pemimpin divisi usaha syariah Azmi Febrian dan Kepala Bank Nagari Syariah,  Musa Adi Guna.

Baca Lainnya :

Asisten II Setdako Bukittinggi Ellia Makmur dalam kesempatan itu mengatakan, program Q-RIS dari Bank Nagari Syariah sangat membantu pengurus mesjid dalam pengumpulan dana infak dan sedekah dari para jamaha mesjid. Pasalnya, para jamaha tidak perlu lagi membawa uang tunai ke mesjid dan pengurus tidak menyimpan uang tunai di mesjid sehingga dapat menimalisir dari kasus pencurian kotak amal.

Selain itu, pengurus mesjid tidak direpotkan lagi menghitung uang dan pencatatannya lebih akurat karena uang jamaha langsung masuk rekening mesjid di Bank Nagari Syariah serta terhindar dari uang palsu.

"Mesjid mesjid kita di Bukittinggi ini menjadi pilot project dari program Q-RIS Bank Nagari Syariah melalui program pembayaran non tunai. Kita berharap program Bank Nagari Syariah ini dapat berjalan dengan lancar sehingga nantinya akan membantu pengurus mesjid dan lembaga sosial lainnya," katanya.

Ketua MUI Sumbar Buya Gusrizal Gazahar mengatakan, gerakan ekonomi dan dakwah tidak dapat dipisahkan, karena gerakan ekonomi merupakan pilar dari dakwah nabi Muhammad.

"Di dalam dakwah kita jangan hanya berbicara aspek perang saja, namun kita juga membicarakan ekonomi umat. Selama ini kita lebih banyak membicarakan riba tapi kenapa kita masih juga menyimpan uang di bank konvensional," kata Buya Gusrizal yang juga Dewan Pengawas Bank Nagari itu.

Oleh sebab itu jelasnya, melalui sosialisasi ini akan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap perbankan syariah, karena selama ini ia tidak melihat ada penolakan dari masyarakat terhadap perbankan syariah.

"Jumlah infak dan sedekah yang dikumpulkan pengurus mesjid sangat besar, namun kita bukan mengejar berapa jumlahnya tapi berkomitmen mengelola mesjid sesuai penunjuk Allah SWT dan tuntunan Rasulullah," ungkapnya.

Pemimpin Divisi Usaha Syariah Bank Nagari, Azmi Febrian menyebutkan, mesjid dan mushalla merupakan salah satu bagian terpenting dari Bank Nagari Syariah dalam menjalankan operasionalnya.  Sehingga segala kebutuhan mesjid dan mushalla menjadi prioritas bagi di Bank Nagari Syariah untuk memfasilitasinya.

"Hasil muzakarah pengurus wilayah Dewan Masjid Indonesia Sumbar yang dilaksanakan Desember  tahun lalu telah memberikan kekuatan bagi kami untuk mengabdi dan memberikan fasilitas yang terbaik bagi masjid dan mushalla di Sumbar," katanya. 

Sementara Kepala Bank Nagari Syariah Cabang Bukittinggi, Mosa Adi Guna mengatakan bahwa sosialisasi ini merupakan yang pertama dilakukan di Sumbar. "Kita berharap dengan adanya kegiatan itu Bukittinghi dapat menjadi pilot projek penerapanya di Sumatera Barat,"tegasnya.

Pada acara itu juga dilakukan simulasi bagaimana menggunakan  aplikasi Q-Ris Bank Nagari Syariah itu pada kota amal yang diwakili oleh kotak amal Masjid Raya Bukittinggi.

Simulasi itu dilakukan langsung oleh Asistwn II Ellia Makmur dan disakaikan oleh Ketua Mui Sumbar Gusrizal Gazhar, kepala Divisi Syariah Bank Nagari Azmi Febrian.

Dalam simulasi itu hanya dengan hitungan detik, transaksi terlihat berhasil. (agi)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan 2 - Iklan Sidebar