80 Pelaku UMKM Agam Diberi Pelatihan

By Administrator 18 Feb 2020, 09:26:41 WIB Agam
80 Pelaku UMKM Agam Diberi Pelatihan

WARTA ANDALAS, AGAM — Sebanyak 80 orang pelaku UMKM di Kabupaten Agam mengikuti pelatihan peningkatan omzet yang diadakan oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan UKM (Perindagkop UKM) Kabupaten Agam 16 sampai 18 Februari 2020, di Lubuk Basung.

“Ini salah satu upaya kita untuk meningkatkan penjualan mereka, baik UMKM yang menjual dengan cara offline atau tradisional maupun online,” kata Kepala Dinas Perindagkop UKM Kabupaten Agam, Fatimah, saat membuka acara tersebut, di aula kantor bupati, Senin (17/2/20) pagi.

Menurut Fatimah, selama ini pelaku UMKM terkendala dengan kurangnya pengetahuan tentang bagaimana memasarkan produknya agar laku dan berdaya saing di pasaran.

Baca Lainnya :

“Maka melalui pelatihan ini, kita harapkan mereka bisa menyerap pengetahuan lebih dalam lagi mengenai konsep pemasaran produk baik secara offline maupun online,” harapnya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah Martias Wanto, mengapresiasi kegiatan pelatihan bagi pelaku UMKM di Kabupaten Agam, dengan harapan agar semua potensi kerajinan maupun usaha industri rumah tangga bisa digali dengan maksimal.

“Tinggal lagi bagaimana cara kita memberdayakannya,” ujar sekda.

Terkait sarana pemasaran, menurut sekda, setiap produk membutuhkan strategi offline maupun online. Keduanya, harus bisa saling mengisi peran satu sama lain dalam menarik customer.

Sekda menilai strategi offline dapat dilakukan dengan memberikan pengalaman lebih ke konsumen karena bertatap langsung. Seperti dapat merasakan manfaat langsung ketika bertransaksi.

Begitu juga sebaliknya, bahwa cara online bisa lebih efisien dan efektif tanpa bertatap muka langsung.

“Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Namun tugas kita adalah harus mengerti dan paham bagaimana mengkolaborasikannya,” pesan Martias.

Oleh karena itu, ia meminta agar seluruh peserta mengikuti pelatihan dengan serius dan bersungguh-sungguh. (Finand/Amc/Md)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan 2 - Iklan Sidebar