401 Mustahik Sawahlunto Terima Zakat

By Administrator 06 Jul 2022, 14:44:58 WIB Sawahlunto
401 Mustahik Sawahlunto Terima Zakat

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Sawahlunto kembali menyalurkan zakat kepada Mustahik untuk triwulan tahun ini sebesar Rp 669 juta lebih.

"Kecamatan Lembah Segar Rp 124 juta lebih, Kecamatan Barangin Rp 190 juta lebih, Talawi Rp 212 juta lebih dan Silungkang Rp 143 juta lebih," kata Ketua BAZNAS Kota Sawahlunto Edrizon pada acara penyerahan zakat di Kantor Camat Barangin, Selasa (5/7).

Ia menambahkan, peruntukan zakat kali ini lebih banyak kepada bantuan modal usaha disamping untuk pendidikan, biaya berobat, jompo, bedah rumah, biaya masuk listrik dan mualaf.

Baca Lainnya :

"Total penerima manfaat zakat gelombang kedua tahun ini 401 mustahik, tertinggi di Kecamatan Talawi," terang Edrizon.

Pada triwulan pertama bulan Maret kemaren tuturnya telah disalurkan pula zakat kepada Mustahik sebanyak Rp 468 juta lebih.

"Jika diakumulasikan secara keseluruhan zakat yang telah disalurkan kepada masyarakat sejak Januari sampai Juli 2022 termasuk zakat fitrah telah mencapai Rp 3,3 milyar lebih," ulasnya.

Lebih lanjut Mantan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat itu menjelaskan, BAZNAS Sawahlunto menargetkan pengumpulan zakat tahun ini sebesar Rp 5,1 milyar.

"Alhamdulillah, memasuki semester kedua sudah terhimpun zakat di Sawahlunto Rp 4,6 milar lebih," pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menghimbau penerima zakat memanfaatkan hak yang diberikan sesuai peruntukan.

"Manfaatkan zakat ini dengan sebaik-baiknya, jangan sekali-kali berurusan dengan rentenir karena selain merugikan juga menyalahi Syari'at, semoga besok tidak lagi mustahik melainkan muzakki," ucap Wako Deri Asta.

Wako mencontohkan, sepasang suami isteri warga dari Kecamatan Lembah Segar dengan memiliki keterbatasan fisik yakni tuna wicara yang sebelumnya mustahik kini telah menjadi muzakki.

"Dulu ia juga sering kami bantu namun kini telah berpenghasilan Rp 400 ribu sehari melalui usaha laundry," ungkapnya.

Wako mengapresiasi kinerja pimpinan BAZNAS yang telah mampu meningkatkan pengumpulan zakat dari seblumnya.

Menutup sambutan, Wako mengungkapkan pentingnya menunaikan zakat melalui lembaga resmi seperti BAZNAS yang telah diatur Undang-undang.

Turut hadir selama penyerahan zakat berlangsung seluruh pimpinan BAZNAS terkait, Penyelenggara zakat wakaf Kemenag, Kabag Kesra, Dinas Sosial, Camat bersangkutan, Pimpinan Cabang Bank Nagari dan Ketua FKUB Kota Sawahlunto. (rf)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Kanan 1 - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan 2 - Iklan Sidebar